Sabtu, 10 Maret 2012

ARTI KKN

1.    Korupsi
Korupsi diangkat dari bahasa Latin “corruptio”, yang berarti pembusukan, kerusakan, kemerosotan, penyuapan, remuk, hancur dari dalam atau runtuh. Corruptor adalah orang yang korupsi, orang yang busuk, perusak, pembusuk, pemerdaya, penyuap, pelanggar (nilai/norma). Korupsi diartikan sebagai penyelewengan atau penggelapan uang negara atau uang perusahaan untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

2.    Kolusi
Kolusi diangkat dari bahasa Inggris ‘to collude’, berarti mengadakan konspirasi atau komplotan untuk memperdaya atau menipu orang lain. ‘Collusion’ diartikan sebagai kerjasama atau perjanjian antara dua orang atau lebih dengan maksud untuk memperdaya atau menipu orang lain. Dapat juga diartikan sebagai persekongkolan untuk menjalankan korupsi. Kolusi merupakan usaha untuk memperlancar tindak korupsi.

3.    Nepotisme
Nepotisme adalah kecenderungan mengutamakan sanak saudara sendiri, terutama dalam jabatan, pangkat di lingkungan pemerintahan. Tindakan memilih kerabat atau sanak saudara sendiri untuk memegang jabatan pemerintahan: para pemimpin banyak melakukan korupsi, menya-lah-gunakan kekuasaan, dan cenderung ke arah nepotisme


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar